Header AD

header ads

Manfaat Tanaman Andong (Cordyline fruticosa (L) A.Cheval)



NAMA DAERAH
Endong; Kayu urip; Linjuwang; Jejuwang; Sabang; Daun ngasi.

DESKRIPSI TANAMAN
Sering ditanam di kebun. Tumbuhan ini berupa pohon, tinggi dapat mencapai 5 meter. Batang keras, bekas du- dukan daun tampak dengan jelas. Daun tunggal menem- pel pada batang, berwarna hijau tua, tepi daun rata. Per- bungaan bentuk malai, tumbuh diketiak daun dengan tangkai bunga panjang. Buah buni, warna merah meng- kilat. Akar serabut berwarna putih kotor.

HABITAT
Tumbuh liar di pagar atau di pekuburan sebagai tanaman hias, lazim di tanam pada dataran rendah sampai 1900 m dpl.

BAGIAN TANAMAN YANG DIJADIKAN OBAT
Daun

KANDUNGAN KIMIAWI
Steroida; Saponin; Polisakarida

KHASIAT/KEGUNAAN
Hemostatik, Antibengkak, Batuk darah dan Haid terlalu
banyak.

RESEP/CARA PENGOLAHAN
Daun andong segar 5 helai;
Air secukupnya, 
Dibuat infus,
diseduh atau dipipis, 
Diminum 1 kali sehari 100 ml. 
Untuk pipisan diminum 1 kali sehari 1/4 cangkir.

Itulah beberapa manfaat dari tanaman Andong (Cordyline fruticosa (L) A.Cheval) yang dapat saya sampaikan. Jika anda mempunyai referensi yang lebih dari artikel yang saya buat, silahkan tambahkan pada komentar dibawah. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Pengobatan herbal saat ini memang sudah banyak ditemukan. Jika pengobatan medis tidak berhasil, tidak ada salahnya mencoba beberapa alternatif herbal untuk penyembuhan. Meskipun perawatannya membutuhkan kesabaran, akan tetapi khasiatnya dapat Anda buktikan sendiri. Walaupun bergitu, tetap berhati-hatilah menggunakan obat herbal. Pastikan perawatan herbal yang akan Anda jalani sudah terstandar untuk menhindari penyalahgunaan.

Manfaat Tanaman Andong (Cordyline fruticosa (L) A.Cheval) Manfaat Tanaman Andong (Cordyline fruticosa (L) A.Cheval) Reviewed by Loving Healty on November 15, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD

home ads